Kamis, 16 Mei 2013

KEWIRAUSAHAAN


Nama                           :  Merita
Mata Kuliah                 :  Kewirausahaan
Hari / tanggal                :  Kamis, 9 Desember 2010
Dosen Pembimbing       :  Tulus Suryanto, SE., MM.,Msi.,Akt

1. Yang saya ketahui tentang entrepreneurship dan hakekat entrepreneurship, yaitu:

a.    Entrepreneurship berasal dari bahasa perancis yang berarti perantara. Entrepreneurship adalah sikap, semangat, perilaku dan kemampuan yang dimilki oleh seseorang untuk menangani suatu usaha atau menciptakan lapangan kerja baru, serta menerapkan cara kerja dan produk yang baru, dengan mengelola lahan pekerjaan baru, merekrut tenaga kerja baru, serta kemampuan untuk mengelola modal, sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Entrepreneurship (kewirauasahaan) ini lebih menuju kepada sikap mental seorang wirausaha dalam melaksanakan usahanya, sebagai contoh: jika seseorang ingin menciptakan suatu usaha baru maka ia harus berani untuk menghadapi apa yang akan terjadi kelak setelah ia menjalankan usahanya, apakah ia akan untung atau rugi. Jika seorang wirausaha ingin menciptakan suatu usaha tetapi ia takut akan rugi sebelum usahanya tersebut berjalan maka ia tidak akan berhasil, sebab ia tidak berani mengambil resiko, sedangkan kita ketahui bersama bahwa setiap memulai suatu usaha tidak akan mungkin langsung memperoleh keberhasilan, semuanya butuh proses. Oleh sebab itu dalam menciptakan dan menjalankan usahanya seorang wirausaha harus memiliki mental, sikap, semangat dan kemampuan dalam menjalankannya, serta optimis bahwa usaha yang dijalankannya suatu saat pasti akan berhasil, jika ia benar-benar berusaha.

b. Hakekat dari Entrepreneurship adalah semua ciri, sikap, dan watak seseorang yang memiliki kemauan untuk mengembangkan kemampuan dan kekreatifan yang dimilikinya dalam kehidupan nyata, dengan menciptakan usaha-usaha baru atau melakukan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan lebih baik, demi meraih kesuksesan.

2.   Ciri dan sikap seorang Entrepreneur adalah:

      2.1.   Ciri seorang Entrepreneur adalah:
               a.   Memiliki visi dan misi yang jelas terhadap tujuan usahanya
               b.   Selalu bekerja keras dan tidak mudah menyerah
               c.   Memiliki komitmen tang tinggi
               d.   Memiliki kemampuan, sikap, mental, motivasi dan semangat yang tinggi dalam menjalankan  usahanya, serta kreatif.
               e.   Percaya diri dan berani mengambil resiko.

2.2.   Sikap seorang Entrepreneur yang baik adalah:
a.       Bertanggung jawab dan taat pada aturan.
b.      Mampu menghargai waktu.
c.       Selalu bekerja keras dan berinvestasi.
d.      Hormat terhadap orang lain.
e.       Memilki kekreatifan yang tinggi dan selalu bersungguh-sungguh dalam bekerja

3.    Kemampuan, kompetensi dan skill yang harus dimiliki Entrepreneur adalah:

3.1.     Kemampuan yang harus dimiliki seorang Entrepreneur adalah;
a.       Seoarang Entrepreneur harus memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukannya, mampu bergaual dan berkomunikasi di masyarakat, dan berani mengambil resiko.
b.      Kemampuan untuk mengelola modal dengan baik, sehingga denagan modal yang kecil dapat di peroleh keuntungan yang besar.
c.       Kemampuan untuk menjual dan memperkenalkan barang atau jasanya kepada konsumen, sehingga usahanya dapat diterima di masyarakat.
d.      Kemampuan untuk memulai usaha dan mengerjakannya dengan kreatif.
e.       Entrepreneur harus mampu dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsinya sebagai perencana, serta menyusun strategi dan visi misi perusahaan.

3.2.   Kompetensi yang harus dimiliki seorang Entrepreneur adalah;
a.       Knowing your business, yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan.
b.      Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis.
c.       Having adequate capital, yaitu memilki modal yang cukup untuk menjalankan usahanya.
d.      Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannya secara tepat.
e.       Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan / memotivasi, dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan usahanya.

3.3.   Skill yang harus dimiliki seorang Entrepreneur adalah:
a.    Conceptual skill, yaitu keterampilan untuk mrlakukan kegiatan usaha secara menyeluruh dengan berdasarkan konsep yang telah di buat.
b.      Technical skill, yaitu keterampilan melakukakan teknik tertentu dalam mengelola usahanya.
c.       Human skill, yaitu keterampilan bekerja sama dengan orang lain, bawahannya dan wirausaha lain.
d.      Memiliki mental dan spiritual yang tinggi dan dapat mengkoordinasikan kegiatan usahanya.
e.       Memiliki kepribadian yang unggul dan pandai berinisiatif.

4.    Yang saya ketahui tentang bisnis, sumber daya, dan system ekonomi adalah:

a.    Bisnis adalah, bahwa bisnis merupakan suatu keberanian yang dimilki seseorang untuk menciptakan suatu usaha yang baru atau membuka lapangan kerja baru (perdagangan) dengan memproduksi dan menjual barang kepada konsumen, melalui persiapan yang terencana dan modal yang cukup, untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya demi mengubah keadaan ekonomi dan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Bisnis merupakan uasaha yang dilakukan oleh sekelompok atau organisasi yang memiliki visi dan misi yang sama, sehingga mereka pun salaing bekerja sama untuk mencapai tujuan.

b.   Sumber daya adalah berbagai factor atau alat yang digunakan untuk mendukung dan menjalankan usaha yang telah direncanakan, meliputi: 1). Sumber daya manusia, yaitu: produsen, konsumen, pekerja, serta distributor. 2). Sumber daya materi, yaitu alat-alat yang digunakan, seperti meja, kursi, mesin, dll. 3). Sumber daya keuangan, yaitu modal yang diperlukan dan hasil yang akan diperoleh (keuntungan). 4). Sumber daya informasi, yaitu kemapuan wirausaha untuk bergaul, memperkenalkan dan menginformasikan usahanya kepa masyarakat (konsumen).

c.  Sistem Ekonomi adalah kemampuan mengelola keuanagan yang harus dimiliki wirausaha, seperti kemampuan mengelola modal denagn baik agar dapat memperoleh keuntunagn yang sebesar-besarnya.

5.    Ide bisnis dan peluang bisnis untuk melakukan usaha sebaiknya adalah usaha yang belum banyak dikelola oleh orang lain dan lebih baik lagi untuk menciptakan usaha atau lapangan kerja baru yang belum pernah dilakukan oleh orang lain, agar peluang bisnis yang kita lakukan dapat lebih berhasil dan diterima oleh orang lain (lingkungan).

6.    Modal diri yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur adalah berupa kepercayaan diri, keberanian untuk memulai suatu usaha, kemampuan untuk bergaul dan berkomunikasi denagn orang lain dan orang banyak, harus dapat mrnghargai karya orang lain, berani mengambil resiko, jujur dan bertanggung jawab, serta selalu bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.  Kunci sukses seorang Entrepreneur adalah selau bekerja keras dan berani mengambil resiko, Entrepreneur juga harus mampu menciptakan suatu usaha yang menarik, nyaman, bmemiliki perbedaan denagn produk lain dan bermanfaat, sehingga membuat konsumen tertarik. Penunjang keberhasilan seorang Entrepreneur adalah kemampuan, skill (keterampilan, kompetensi yang dimilikinya, modal yang cukup, alat pendukung untuk mendukung pemasaran usahanya,  serta keberanian dan kepercayaan yang dimilkinya bahwa usahanya akan berhasil.

7.  Strategi bisnis yang perlu saya lakukan bila akan melakukan usaha adalah: pertama, saya harus menciptakan usaha yang berbeda dengan orang lain, atau usaha yang sama tetapi memiliki kelebihan dan perbedaan yang lebih menarik daripada usaha yang telah dilakukan oleh orang lain. Kedua, saya harus dapat memnfaatkan modal yang saya miliki dengan sebaik mungkin sehingga msaya dapat menghasilkan keuntunagn yang besar’ bukan kerugian. Ketiga, saya harus dapat menarik perhatian pelanggan dan menghargai para pekerja (karyawan) saya, agar mereka senang bekerja sama dengan saya. Keempat, saya harus dapat bertanggung jawab, jujur dan kreatif dalam menjalankan usaha saya.

8.    Yang harus saya lakukan agar usaha saya menjadi hebat dan berhasil adalah pertama, saya harus menanamkan sikap jujur dan disiplin pada diri saya sendiri, sehingga saya dapat menjadi contoh yang baik bagi jaryawan saya. kedua, saya harus berjiwa pwmimpin ynag baik dan bertanggung jawab dalam menjalankan usaha saya. ketiga, saya harus memperhatikan kenyamanan, dan keamanan konsumen. keempat, saya harus mampu memperkenalkan usaha saya kepada mesyarakat luas sehingga usaha saya dapat dikenal dan diterima di masyarakat.

9.    Marketing Mix adalah seperangkat alat pemasaran yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat, dan produksi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market. Marketing Mix terdiri dari produk, tempat, promosi, dan startegi penetapan harga.

10.    Usaha membuat aneka Kue Bolu
     Uraian modal
No
Tempat dan Aset Usaha
Perkiraan Nilai (RP)
1
Biaya sewa gedung / ruko
Rp. 5.000.000,-
2
Biaya pembelian alat-alat
Rp. 2.000.000,-
3
Biaya pembelian bahan mentah
Rp. 500.000,-
4
Gaji karyawan
Rp. 250.000 @ 5 orang
5
Biaya promosi dan listrik
Rp. 500.000,-
6
Biaya tak terduga
Rp. 250.000,-
Jumlah
RP. 9.500.000,-

Perhitungan hasil usaha
No
Pengeluaran
Nilai (Rp)
1
Modal awal
Rp. 9.500.000,-
Jumlah
Rp. 9.500.000,-

  Target Penjualan / hari
No
Jumlah makanan /hari

1
Kue bolu aneka rasa 150 porsi @ Rp. 20.000
Rp.20.000 x 150 = Rp.3.000.000,-
Jumlah
Rp. 3.000.000,- / hari

  Jadi Insya Allah’ dalam jangka 1 bulan modal awal akan dapat kembali dan saya tidak rugi, amiin.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates